Jumat, 06 Mei 2011

Obsesi Jadi Boss

Apakah anda seorang pekerja keras, atau seorang pemalas??
Bagaimana dengan resolusi anda untuk tahun ini, apakah ada tujuan akhir yang lebih besar dari sebelumnya yang sedang akan anda kerjakan?? atau hanya mentok gitu2 ajah menunggu nasib baik di pihak anda... well, semuanya itu ada ditangan anda.

"Sekarang saya bekerja di PT XYZ, sebagai Manajer Produksi, pusing juga mengatus semuanya. saya sibuk membidangi produksi anak.." sapanya..
"maksudnya, ??" polosku.
ternyata teman ini hanya sebagai kepala rumah tangga yang hanya mampu menciptakan inovasi pembuatan anak... huahahahah.... dasar kau fren...!!!

Pengen juga seh jadi Boss seperti teman itu, tapi apalah daya. bagaimana kalau jadi Boss di tempat kerja yah??? mungkin lebih mumet yah??

Saya melihat dalam dunia kerja ini, ada 4 alasan untuk menjadi dan dijadikan Boss:
1. Karena Job Posting/ Promosi
2. Karena Relasi
3. Karena Peringkat, Golongan dan masa kerja
4. Sebagai Hukuman

a. Job Posting/ Promosi
Menjadi Boss karena Job Posting, biasanya terlahir dari kemauan dan dibarengi kemampuan yang ada, disamping peluang yang mendukung untuk mengikuti seleksi sebagai manajerial di perusahaan. Hal ini cukup baik karena sesuai dengan bakat dan kemampuan sebagai seorang pemimpin.
Keberhasilannya dalam bekerja membuat atasannya merasa senang dan orang ini patut mendapatkan reward yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan produktifitas dan pencapaian kinerja lebih baik. Hal ini baik untuk memacu semangat kerja pegawai

b. Relasi
Kalau orang boleh menerima sesuatu karena keberhasilannya, beda dengan yang satu ini, apa yang diterima bukan semata2 karena kebolehannya atau kemampuan yang dimenjadi tolok ukur, melain sebuah keberuntungan ada dipihaknya. patutlah orang ini mendapat bagian yang empuk disebuah pekerjaan karena adanya "relasi" yang kuat dan berpengaruh sehingga orang ini boleh menerima sebuah jabatan atau posisi yang menjanjikan, namun gak menutup kemungkinan bahwa orang yang memiliki relasi tidak memiliki kemampuan atau kekuatan yang bisa diandalkan, tetapi relasi menjadikan nilai tambah buat orang ini.

c. Masa kerja
Menjadi boss karena melihat golongannya sudah cocok untuk menjabat di supervisi bahkan manajer, masa kerjanya juga sudah cukup lama, sepatutnya dialah yang menjadi boss di sini. Oh, kasihan banget ini kawan, menjadi boss, karena melihat masa kerjanya (sudah tua)... Hehehehe

d. Hukuman
Biasanya hukuman diberikan kepada pegawai yang tidak disiplin, dan hukuman itu pasti menyakitkan, tapi bagaimana kalau hukuman itu dengan diberikan posisi atau jabatan di tempat kerja????
"Biar tau rasa kawan itu, dikirain gampang jadi supervisor ini, dikirain gampang jadi boss, kita buat ajah dia boss di bagian ini biar kapok, mampus, dan lain2.."
menduduki jabatan boss sebagai hukuman.... oalah, nasibmu lah kawan..!!!

punya obsesi jadi boss??? itu baik kawan. jadilah boss, tapi bukan untuk menguliti bulu sesamamu, atau mengambil daging dan susunya... tapi buatlah mereka nyaman bersamamu, buatlah mereka bangga akan kehadiranmu bersamanya, dan jangan makan hak pekerjamu... upahlah dia setiap hari, jika mereka adalah upahan harian, atau bulanan jika mereka adalah pekerja upah bulanan. Dan Selamat melayani.